Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Sosialisasi Linmas Sekecamatan Sukadiri dan Pembinaan Kualitas Keamanan

Kamis, 03 November 2022 | November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-11-03T13:28:39Z


Tangerang,Liputan86.com- Dalam rangka gelar Diklat perlindungan masyarakat (Linmas) bertujuan pelatihan dan pembinaan peningkatan kualitas keamanan serta perlindungan terhadap masyarakat Sukadiri, bertempat di Gedung PGRI Cabang Kecamatan Sukadiri, Kamis (3/11/2022).


Acara tersebut dihadiri oleh Camat Sukadiri Ahmad Hapid, Kasi Tantrib  Sat Pol PP Nandang Syafei, Babinsa, Bhabinkamtibmas, satuan lingkungan masyarakat (Satlinmas) Sekecamatan Sukadiri.


Linmas sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.


Camat Sukadiri Ahmad Hapid menyampaikan dalam sambutannya, bahwa sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 10 tahun 2009 tentang penugasan satuan perlindungan masyarakat dalam penanganan ketenteraman, ketertiban dan keamanan penyelenggaraan pemilihan.


" Tujuan diadakannya pelatihan tersebut untuk memberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah masing-masing, sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri nomor 10 tahun 2009," ucap Camat Sukadiri Ahmad Hapid.


Lanjutnya, Ahmad Hapid mengatakan bahwa linmas juga harus bisa membantu dan menangani apabila di wilayahnya terjadi bencana alam.


" Dalam pelatihan serta pembinaan ini agar linmas juga tidak selalu dipandang oleh masyarakat sebatas menjaga hajatan saja karena itu tidak benar, justru tugas dan fungsi linmas lebih menantang karena terkait dengan keamanan, ketertiban, kenyamanan di wilayahnya masing-masing," tuturnya.


Tambahnya, ia juga mengatakan terkait maraknya para pelajar yang tawuran dibeberapa wilayah, linmas  juga harus siap tanggap dalam mengamankan wilayahnya masing-masing.


"Apabila ada kerumunan anak-anak pelajar harus disikapi dalam arti di pertanyakan dan dibubarkan demi keamanan, kenyamanan lingkungan  masing-masing wilayah," jelasnya.


Semoga dengan adanya pelatihan dan pembinaan seperti ini bisa meningkatkan kapasitas penjagaan lingkungan, serta saya berpesan kepada semua warga bagi yang memiliki anak harap diperhatikan, diawasi dan diberikan nasihat agar tidak melakukan hal yang tidak kita inginkan.


Saat liputan86.com mewawancara Kasi trantib Sat Pol PP Sukadiri Nandang Syafei mengatakan, kegiatan Diklat linmas   Sekecamatan Sukadiri bertujuan meningkatkan kapasitas penjagaan, sesuai Permendagri no 42 tahun 2017 agar linmas mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing.


" Linmas harus tau tugas dan fungsinya masing-masing, karena garda terdepan di masyarakat adalah linmas, sebuah program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kapasitas keamanan, perlindungan masyarakat," pungkasnya.


Sementara itu, ia mengatakan program pemerintah ini saya lanjutkan dari yang sebelumnya sudah terprogram, serta berharap kedepannya linmas bisa terampil lagi dalam segi keamanan, perlindungan di masing-masing Desa.


"Semoga linmas bisa terampil, kreatif, semangat, dalam melaksanakan tugasnya dimasing-masing Desa, agar masyarakat menjadi tentram, damai, aman, nyaman, kondusif," jelasnya saat akhiri wawancara kepada awak media

(Aris)