Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Luar Biasa.... Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji Berserta Dua Ribu Santri Memperingati Hari Santri Nasional

Sabtu, 22 Oktober 2022 | Oktober 22, 2022 WIB Last Updated 2022-10-22T07:25:05Z


Tangerang,Liputan86.com-Pemerintahan Kecamatan Pakuhaji menggelar peringatan Hari Santri Nasional di halaman Kantor Kecamatan Pakuhaji, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, Sabtu (22/10/2022).


Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ketua MUI Kecamatan Pakuhaji Ustad Hasan Basri, Camat Pakuhaji  H. Asmawi. A, Ketua Forum Keagamaan Komar Tajuddin, Kapolsek, Danramil, Alimul Ulama Sekecamatan Pakuhaji, Kepala Desa Sekecamatan Pakuhaji, Muspika Kecamatan Pakuhaji, Ormas -Ormas, KNPI Kecamatan Pakuhaji, Karang Taruna Kecamatan Pakuhaji, Seluruh Masyarakat Pakuhaji, Dua Ribu Santriwan-Santriwati Sekecamatan Pakuhaji.


Sebelum acara dimulai, seluruh Santriwan-Santriwati menyanyikan Lagu kebangsaan Indonesia Raya  serta dilanjutkan dengan Mars Nahdatul ulama dan lainnya.


Camat Pakuhaji H. Asmawi A menyampaikan bahwa kita sangat beruntung, telah memetik kemerdekaan Republik Indonesia dari hasil perjuangan para Pahlawan Nasional Indonesia, dan Santri-santri yang ada di Indonesia.


" Kita harus bangga dan bahagia dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan setiap tahun diseluruh wilayah Indonesia, Alhamdulillah Kecamatan Pakuhaji juga setiap tahunnya memperingati Hari Santri Nasional, ini menjadi sebuah kebanggaan dan kebahagiaan kami, perlu kita ketahui perjuangan para kiai terdahulu melawan penjajah-penjajah sekaligus berdakwah memperluas Islam yang ada di wilayah Indonesia," Ucap Camat Pakuhaji H. Asmawi A.


Lanjutnya, ia mengatakan bahwa perjuangan Bangsa Indonesia ini dengan adanya Doa para alimul ulama, kiai, dan pejuang-pejuang Bangsa Indonesia terdahulu.


" Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak, Santri dengan berbagai latar belakang yang selalu siap sedia hidupnya untuk Bangsa dan Negara, kita juga jangan pernah lupakan perjuangan Almarhum K.H Hasyim Asy'ari yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia dengan cara beliau, peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan setiap tahunnya Alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa ada kendala," Tuturnya.


Di sisi lain, H Asmawi A mengatakan bahwa santri dengan segala kemampuannya dapat menjadi apa saja.


"Santri bisa menjadi apa saja, dalam arti selain Doanya yang mustajab, santri juga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, saya ucapkan selamat Hari Santri Nasional, semoga para santri dan generasi muda selalu berkarya dan kreatif, serta bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya Agama dan Bangsa Indonesia dan sukses selalu," Pungkasnya.


Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Pakuhaji Hasan Basri mengatakan, peringatan Hari Santri Nasional pada tahun ini bertema"Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan", serta mengingat perjuangan ulama terdahulu yang telah berjuang melawan penjajah-penjajah.


" Peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan setiap tahun, bertujuan untuk mengenang dan mengikuti kiai terdahulu yang telah berjuang melawan penjajah-penjajah, dalam hal tersebut santri tidak diam, santri berdakwah dan berjuang untuk Bangsa Indonesia," Ucapnya.


Lanjutnya, ia mengatakan bahwa perjuangan yang dilakukan oleh Ulama terdahulu Almarhum K. H Hasyim Asy'ari sangat semangat dan penuh tantangan.


"Dalam perjuangan dakwah Ulama terdahulu melawan penjajah-penjajah, Almarhum K.H Hasyim Asy'ari adalah tokoh ulama kharismatik yang selalu menyatukan Ulama Nusantara, agar bisa berjuang bersama melawan penjajah, serta perjuangan para santri yang senantiasa memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia," Ucapnya.


Lanjutnya, ia mengatakan bahwa dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional ini, Santriwan-Santriwati bisa menjadi generasi muda yang bermanfaat, serta selalu cinta NKRI.



"Semoga Santriwan-Santriwati selalu cinta NKRI, serta menjadi generasi muda yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia serta Bangsa dan Negara," Tuturnya.


Ketua Forum keagamaan Komar Tajuddin mengatakan, dengan adanya peringatan Hari Santri Nasional ini, kita jangan pernah melupakan Perjuangan Ulama serta Santri-santri dalam melawan penjajah.


"Dalam peringatan Hari Santri Nasional yang diadakan setiap tahunnya, itu mendakan bahwa perjuangan santri dalam melawan penjajah sangat luar biasa, santri juga pejuang kemerdekaan Republik Indonesia, kita ingat perjalanan K.H Hasyim Asy'ari yang telah berjuang melawan penjajah, sampai saat ini kita semua bisa memetik hasil dari pengorbanan beliau," Ucapnya.


Disisi lain, ia mengatakan semoga para santri Indonesia terus semangat, berjuang, selalu bersatu, dan sukses.


"Selamat Hari Santri Nasional untuk seluruh santri yang ada di Indonesia, jangan malu untuk belajar di pondok pesantren, semangat, berkarya, kreatif, bersatu, berjuang untuk Bangsa dan Negara," Pungkasnya.


(Aris)