Masuk

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Anggota TNI AD kodim 1627 Rote Ndao bersama Dinas kesehatan melaksanakan Pengecekan stunting dan ibu hamil

Kamis, 04 Agustus 2022 | Agustus 04, 2022 WIB Last Updated 2022-08-04T10:23:33Z


Rote, liputan86. Com -Pada hari Kamis Tanggal 04/08/2022 bertempat di dusun Fayanak Desa Temas kecamatan  Rote barat laut kabupaten Rote Ndao.

Telah di laksanakan pengecekan kepada warga yg terindikasi stanting kepada ibu hamil untuk mengurangi angka Stunting di wilayah yg merupakan program pemerintah utk menurunkan angka Stunting dan kurang gizi.

Hadir dalam pengecekan secara langsung 

1. Camat Rote barat laut bpk. ( Melky Sedek )

2. Danramil 1627- 03/ batutua ( diwakili pelda Dominggus Karma)

3. Kapolsek Rote barat laut. ( Ipda Fretd D. Malu.

4.Petugas medis puskesmas Busalangga ( ibu Fitria  )

5.Perangkat desa Temas.

6. Para maneleo desa Timas.



Dalam pengecekan yang di lakukan oleh unsur Forkopimcam kec. Rote barat laut di laksanakan kepada seorang ibu dari dusun Fayunak desa Temas yang saat ini  sedang hamil 9 bulan.( Istri dari bpk Freds )

Langkah-Langkah yang di ambil utk berkoordinasi dengan suami ( bpk Freids )

Untuk mengurangi angka Stunting dan krg gizi agar setiap masyarakat yg hamil, secara berkala memeriksakan atau konsultasi kehamilannya ke puskesmas/rumah sakit.

- Untuk masyarakat yg akan menunggu kelahiran ( sembilan bulan ) agar langsung berkonsultasi ke rumah sakit , mengingat di Rumah sakit umum Baa belum tersedia tenaga dokter kandungan di sarankan konsultasi ke rumah sakit Kupang.



Utk kasus dari istri bpk Freids , sebetulnya bpk Freids dan kluarga bersikiras utk tdk berkonsultasi ke rumah sakit, namun dengan adanya mediasi dan pemahaman ttg stunting dari unsur Forkopimcam bsrta pihak puskesmas yg di bantu para maneleo, akhirnya kluarga bpk Frids melaksanakan anjuran utk berkonsultasi dengan pihak rumah sakit.

Tepat pukul 11.00 WITA sampai selesai.


Kegiatan pengecekan ibu hamil oleh Forkopcam telah selsai di laksanakan dengan lancar dan aman.Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada balita ( di bawah lima tahun ).akibat dari kekurangan gizi saat di kandungan, sehingga pertumbuhan anak tertambat.

- Kekurangan gizi sejak bayi dalam kandungan, akan tetapi kondisi Stunting  akan terlihat/nampak pada usia anak menginjak dua tahun. (Lena)